Pengalaman Kerja Praktek Indutri

Semua mahasiswa khususnya pada zaman sekarang pasti tak asing lagi dengan tugas yang bernama KP, apa itu KP ? Ya itu adalah kepanjangan dari Kerja Praktek :). Bagi yang belum tahu Kerja Praktek itu sendiri adalah tugas yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menempuh beberapa SKS tertentu, dimana dilakukan di instansi tertentu selama waktu tertentu dengan tujuan untuk menembah pengalaman serta pemahaman mahasiswa mengenai dunia kerja, mencakup Cara kerja, etos, disiplin Kerja. Jadi KP ini memang dirancang untuk mahasiswa yang sebentar lagi akan terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, yah hitung-hitung sebagai persiapan mahasiswa sebelum menghadapi dunia kerja yang katanya keras hehe...(kata2 orang sih). Karena hanya dengan persiapan maka akan ada kesuksesan. Oke baik kita langsung saja ke cerita intinya.
Pengalaman KP ku mulai pada  September 2014, saat itu setelah liburan yang cuku pendek sekitar tanggal 2 September, aku mempersiapkan semua  kebutuhanku selama di KP, dari mulai kasur, kipas, dan juga beberapa kebutuhan lainnya. Karena tempat KP ku waktu itu berada di daerah Cikarang, maka pada waktu itu aku membawa barang-barang tersebut menggunakan mobil ke kontrakan yang sudah ku-booking sebelumya. Sesampainya di kontrakan aku pun langsung menata barang-barng yang ku bawa untuk tanggal 4 September nanti. 
Pada Tanggal 4 September, aku akan memulai KP hari pertamaku di PT Supernova Flexible Packaging, sebuah perusahaan yang memproduksi kemasan fleksibel seperti kemasan taro, oreo, sabun cair refiill, tas plastik, dll. Tanggal 04 September ku mulai KP bersama teman sebimbingan yaitu Andy. Dengan hati yang sedikit penasaran mengenai KP nanti, kami pun memulai aktivitas KP kami di pagi hari jam 07.15 pagi. Karena letak kontrakan yang cukup dekat, kami berdua akhirnya memilih untuk berjalan ke tempat KP. Sesampainya di pintu gerbang, kami berdua langsung bertanya pada satpam yang juga mengintrograsi kami mengenai maksud dan tujuan kami. Dengan perasaan yang cukup tegang, kamipun diarahkan ke ruang tunggu untuk selanjutnya akan diarahkan oleh staff HRD. Di ruang tunggu, kami menjumpai beberapa karyawan baru yang akan mengikuti Training. Ada yang bernama Henry yang akan ditempatkan di Dep. GA, ada juga yang bernama Dika yang akan ditempatkan di Dep. HSE, lalu juga ada 2 anak SMK yang bekerja di bagian QC dan Engineering. 
Hari 1
Setelah staff HRD datang, kami semua karyawan baru diantar ke Ruang Training untuk pengarahan selanjutnya. Disana kami dijelaskan bermacam-macam mengenai Perusahaan, Sejarahnya, proses-proses produksi yang ada, sistem K3, dll. Yaah semua itu dilakukan untuk mempersiapkan para karyawan baru agar selain mengenal perusaaan, tapi juga mencintai perusahaan itu sendiri. Di hari pertama ini aku mendapatkan banyak hal, pengetahuan, pengalaman, serta juga teman2 baru. Hari pertama ini pun kemudian ditutup pada jam 5 sore, lalu kami pun pulang kembali ke kontrakan. 
Hari ke-2 
Hari Kedua kami juga kembali di-training sebagai karyawan baru (jd berasa karyawan baru :D), namun perbedaannya pada hari ke-dua kami semua karyawan baru diajak berkeliling pabrik bersama dengan tujuan agar kami memahami semua sistem pabrik dan juga peraturan2nya denga jelas. Sampai hari ke-2 kami terus menerus dikenalkan pada PT Supernova FP sehingga tidak kaget saat bekerja nanti. Hari ke-2 walaupun cukup membosankan aku cukup senang tlah mengenal pabrik jauh lebih dekat dari yang pernah ku rasakan dulu. Hari pertama ini pun kemudian ditutup pada jam 5 sore, lalu kami pun pulang kembali ke kontrakan.
Hari Ke-3 Dst
Hari ke-3, aku pun kembali bekerja mulai jam 8 pagi, namun tidak seperti biasanya, kami para karyawan baru diantar ke ruangan di Departemennya masing-masing. Rasa Deg2 an pun muncul di benakku, yang sudah memikirkan apa yang akan terjadi nanti. Namun rasa itu berangsur-angsur hilang saat aku diantar ke departemen QC. Aku pun disambut ramah oleh semua anggota di Departemen QC. Namun begitu berkenalan, aku mendapat kejutan yang cukup besar. Ternyata orang diserong kanan ku adalah kakak kelasku yang sudah berpengalaman. Ya...aku cukup terkejut juga saat mendengar bahwa dia adalah anak teknik industri Gunadarma angkatan 2003, sungguh sesuatu yang kebetulan atau mungkin memang sudah dipersiapkan oleh Tuhan  haha.....Aku pun terus berkenalan dengan kakak kelas yang bernama Bp.Irwan itu dan mendapati bahwa ternyata dia adalah juga mantan asisten lab dasar dan juga memiliki banyak pengalaman sekitar 4,5 tahun. Dia bercerita bahwa dia pernah bekerja di perusahaan plastic injection selama 2,5 tahun serta LG selama 2 tahun. Dan kini ia sedang menjalani training yang sudah dialaminya selama 2 bulan sebagai supervisor QC. Di Hari ke-3 ini aku juga bertemu dengan Bp Konang yang bertugas untuk membimbingku selama Kerja Praktek. Selaku karyawan senior dan jabatannya yg sbgai asisten manager, ia mengajariku beberapa proses yang ada di Pabrik dan juga mengarahkan pa Irwan untuk memberikanku SMDKP sebagai bahan bacaan referensi KP dan sebagai bahan bacaan menunggu pulang. 
Hari Ke-4 dan selanjutnya aku bekerja seperti biasa, banyak hal menarik dari hari ke-4 sampai akhir ku KP, diantaranya ketika berkeliling untuk menanyakan proses produksi aku banyak bertemu operator, foreman, dan juga supervisor yang menjelaskan secara baik semua hal yang kami tanyakan padanya. Di QC sendiri juga ada kebiasaan rapat setiap hari senin pagi dan juga jumat bersih (bersih-bersih lab QC) yang tentunya sebuah pengalaman dan kebiasaan baru yang sangat perlu dicontoh. 
Dari semua pengalaman ini aku mendapatkan banyak manfaat seperti lebih luasnya wawasan, lebih mengerti etika kerja, dan juga sistem kerja itu sendiri
O iy dari pengalaman ini semua, tips untuk kalian yang akan kerja praktek adalah
  • Persiapkan apa yang akan ditulis di dalam Laporan KP dengan sebelumnya membaca-baca laporan PI Kaka kelas
  • Cicil laporan PI sehingga di kantor tidak hanya bengong :D, dan juga agar segera tau apa yang kurang dalam penulisan kalian
  • Buat target untuk setiap bagian tertentu, seperti proses produksi sekian hari, gambaran perusahaan sekian hari, dst
  • Buat catatan kecil untuk mencatat proses produksi dan sebagainya
  • Aktif bertanya pada setiap karyawan (khususnya di departemen tempat kamu meneliti)
  • Ikut membantu atau menawarkan diri untuk membantu tugas-tugas karyawan atau operator sehingga menimbulkan kesan baik

Komentar

  1. mau tanya dong, mba KP brapa bulan ya disini? ada minimal bulannya nya kah untuk KP? trimakasih

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum ka saya mahasiswa teknik industri gunadarma angkatan 2017. Untuk bisa kerja praktek di PT supernova gimana ya ka? Apa kaka ada kenalan atau coba melamar saja? Terimakasih

    BalasHapus
  3. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer